Oleh Sophie Travers
Tradisi pribumi yang kokoh
Tarian berada di pusat kehidupan budaya pribumi yang tradisional. Ansambel tari kaum penduduk asli dan warga kepulauan pertama kali terbentuk pada tahun 1960-an. Mereka membawa tarian dari lingkungan komunitas mereka ke gedung-gedung teater dan tempat-tempat umum. Dengan demikian upacara pun berubah menjadi pementasan. Bidang ini masih terus berkembang dengan pesat.
Pengaruh Eropa
Pada akhir abad ke-19, para pemukim asal Eropa membawa serta tarian mereka ke Australia yang saat itu masih merupakan daerah jajahan. Tarian pergaulan tradisional pun diiringi pertunjukan pantomim, opera dan sandiwara musik.
Zaman demam emas kemudian menghadirkan balet. Penari dari Eropa dan Amerika mulai melakukan tur melintasi Australia. Balet Rusia juga memberikan pengaruh yang menentukan. Pecahan Ballet Russes sering melakukan tur pada tahun 1930-an dan mendorong perkembangan budaya balet Australia. Pada tahun 1940-an dan 1950-an berbagai ansambel balet Australia yang profesional didirikan. Ini merupakan cikal bakal The Western Australian Balet yang bertahan hingga kini. Pada tahun 1962 balerina Inggris Dame Peggy van Praagh mendirikan Australian Ballet, kemudian membentuk The Australian Ballet School pada 1967 untuk mendidik penari bagi ansambelnya.
Perkembangan seni tari kontemporer
Perkembangan seni tari modern dimulai pada tahun 70-an dan terus tumbuh selama dasawarsa-dasawarsa berikut. Pengaruh-pengaruh internasional yang kuat meninggalkan jejak pada ansambel-ansambel Australia yang masih muda. Pengaruh modern dance Amerika masih dapat dikenali pada ansambel seperti Bangarra Dance Theatre, sementara seniman seperti Meryl Tankard mengacu kepada teater tari Jerman.
Satu generasi koreografer, yang kini berkarya sebagai bagian dari arus utama, mendalami dunia tari bebas di New York. Generasi seniman saat ini mencerminkan rentang impuls yang lebih luas dari Eropa dan Asia. Banyak pencipta tari masih terus berkunjung ke AS, ke Eropa dan Asia untuk mencari ilham. Pertukaran dan kolaborasi internasional semakin lazim di kalangan koreografer.
Potret situasi masa kini
Sektor tari di Australia dinamis dan beragam. Ada lebih dari 50 ansambel tari dan 200 koreografer. Meskipun – berbeda dengan situasi di beberapa bagian Eropa – kebudayaan tidak memegang peranan sentral di dalam kehidupan modern Australia, anggaran pemerintah untuk mendanai proyek-proyek seni bebas Australia Council for the Arts serta pemerintah negara bagian dan teritori tetap dikelola dengan sangat efektif.
Hal-hal yang diprioritaskan mencakup pengembangan lebih lanjut seni tari pada medium film dan video, seni tari pribumi, tur nasional dan pengembangan pasar mancanegara. Peningkatan profesionalisme di bidang tari berjalan seiring dengan pertambahan jumlah penonton serta semakin beragamnya bentuk-bentuk yang ada.
Pendidikan
Victorian College of the Arts di Melbourne, Western Australian Academy of the Performing Arts di Perth dan Queensland University of Technology di Brisbane mencetak penari dan koreografer bertaraf internasional. Namun jumlah lulusan yang dihasilkan melampaui kesempatan kerja di bidang yang kecil ini. Karena itu banyak di antara mereka yang pindah ke luar negeri.
Ansambel nasional dan ansambel mandiri
Dua ansambel tari kontemporer Australia didanai untuk berperan sebagai kelompok andalan pada tingkat nasional maupun internasional. Bangarra menggabungkan bentuk-bentuk tarian para penduduk asli dan warga kepulauan Selat Torres dengan teknik-teknik kontemporer. Sementara itu, banyak penata artistik ansambel-ansambel lain berasal dari Sydney Dance Company.
Para seniman Australia memperoleh dukungan menyeluruh untuk meraih posisi mapan pada festival dan pasar seni internasional serta di sektor tur. Australian Dance Theatre dari Adelaide (ADT) khususnya, di bawah pimpinan Garry Stewart, telah melanglang buana. Ada beberapa kelompok kecil dan menengah di pusat-pusat perkotaan Australia yang didanai sebagian dari pusat, sebagian lagi dari dana negara bagian.
Ansambel-ansambel yang memperoleh dana secara berkala pada umumnya dipimpin oleh koreografer tunggal dan terdiri dari penari dan seniman terkait yang silih berganti atau, lebih jarang, merupakan ansambel permanen. Ansambel berdasarkan repertoar hanya terdapat beberapa. Dari waktu ke waktu ada proyek baru oleh ansambel-ansambel yang sebenarnya dipimpin oleh satu koreografer, seperti Chunky Move dari Melbourne. Kelompok ini memiliki jumlah penonton yang memadai untuk mendukung serangkaian produksi.
Di samping bergabung di berrbagai ansambel ada pula seniman-seniman bebas yang berkreasi dengan bantuan dana proyek dan mementaskan karya masing-masing terutama di kota tempat tinggal mereka. Semakin banyak aliansi antaransambel terbentuk karena para pendana memberikan insentif untuk pemanfaatan sumber daya secara bersama-sama dan proses kreativitas yang saling mengilhami. Penyelenggaraan tur di Australia hanya dapat dilakukan secara terbatas akibat jauhnya jarak antar kota dan kurangnya prasarana untuk tari di daerah.
Sementara sebagian ansambel terus menghasilkan karya untuk panggung teater juga terdapat kecenderungan untuk berkarya di dan dengan tempat-tempat alternatif, misalnya melalui proyek yang berbasis instalasi, kerja sama dengan media baru atau pendekatan-pendekatan yang mengacu kepada performance art. Seni tari di kalangan pemuda pun hidup dan berada dalam keadaan baik: Terdapat ansambel nasional untuk tari dan pendidikan dan sejumlah koreografer lepas penuh semangat yang bekerja pada tingkat nasional.
Seni tari film – Dance on Screen
Seni tari untuk kamera telah berkembang jauh di Australia. Festival seni tari film nasional Reeldance menerima ratusan kiriman dari pembuat film tari Australia, termasuk karya ansambel besar yang penting. Film merupakan instrumen yang efisien untuk ekspor, dan film tari Australia telah tersebar luas secara internasional.
Pembinaan
Ausdance adalah lembaga konsultasi nasional untuk seni tari. Organisasi khusus anggota ini memiliki perwakilan di setiap negara bagian dan teritori, dan menyelenggarakan kampanye untuk seni tari serta inisiatif seperti Australian Dance Awards.
Bantuan untuk seniman lepas diberikan dalam bentuk berbeda-beda di masing-masing negara bagian dan teritori. Di Sydney, Critical Path memberikan perhatian khusus kepada penelitian. Performance Space memproduksi pendekatan-pendekatan yang inovatif. Di Melbourne, Dancehouse menyelenggarakan program komprehensif untuk seni tari bebas, mulai dari pelatihan sampai presentasi. STRUTdance di Perth menyediakan rangkaian layanan dan tawaran yang serupa. Di Queensland para seniman bertemu di tempat-tempat seperti The Powerhouse dan The Judith Wright Centre of Contemporary Arts.
Penyelenggara seperti Arts House di Melbourne, Sydney Opera House, Salamanca Arts Centre di Hobart serta Perth Institute of Contemporary Arts juga memberikan bantuan.
Festival-festival budaya yang terpenting di Australia dari waktu ke waktu memesan karya-karya baru. Festival tari Dance Massive yang berkedudukan di Melbourne masih harus memperjuangkan tempat yang mapan. Sampai sekarang festival tersebut belum berhasil mendapatkan pendanaan secara berkelanjutan.
Kepercayaan diri
Pada tahun 2008 Australia Council Dance Board mengadakan konsultasi nasional untuk rencana tari strategis Dance2012-nya. Dunia tari pun diwarnai optimisme. Meskipun masih banyak yang harus dikerjakan dalam rangka menarik penonton, para pencipta tari Australia memiliki kepercayaan diri tinggi yang memudahkan pembaharuan – dalam bentuk dan dengan cara sebagaimana yang memperoleh bantuan.
Sophie Travers
adalah produser seni lepas bertempat tinggal di Melbourne yang berkecimpung di bidang seni pertunjukan dan juga menawarkan jasa konsultan untuk bidang produksi dan tur internasional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar